Breaking

Tuesday 16 December 2014

Campus Area Network (CAN)



     Campus Area Network (CAN) adalah Sebuah jaringan kampus yang mencakup dengan beberapa LAN tetapi lebih kecil dari jaringan area Metropolitan, MAN. Jenis jaringan ini banyak digunakan di universitas relatif besar atau kantor-kantor bisnis lokal dan bangunan. CAN dapat di gunakan sebagai jaringan metropolitan yang memiliki pengaturan khusus di daerah kecil hanya seperti laboratorium komputer di universitas.
     Campus Area Network (CAN) digunakan untuk menghubungkan berbagai bangunan, termasuk bangunan administrasi, bangunan akademik, perpustakaan universitas, kampus atau mahasiswa pusat, asrama, gimnasium, dan struktur terpencil lainnya, seperti pusat konferensi, pusat teknologi, dan lembaga pelatihan.
     Infrastructure CAN (Campus Area Network):



     Dalam jenis jaringan, teknologi yang sama dengan perangkat keras yang digunakan dalam bangunan yang berbeda dari satu kampus atau satu perusahaan. Mereka mengikuti terminology yang sama seperti jaringan area lokal tetapi perbedaannya adalah bahwa mereka saling berhubungan antara beberapa bangunan di lokasi tertentu.
     CAN mencangkup beberapa gedung dengan jarak ratusan meter. Kabel transmisi yang digunakan Coaxial atau serat optik. Di kampus – kampus besar dapat juga menggunakan WAN, tetapi rentang jaraknya yang terlalu jauh menyebabkan jaringan WAN tidak efisien jika dipakai di suatu kampus. Jarak rentang CAN biasanya 1000 m – 10000 m menggunakan Fiber Optic.
     Jaringan Campus Area (CAN) ekonomis, menguntungkan dan mudah diimplementasikan dalam kilometer spesifik lokalitas. Hal ini sangat membantu untuk universitas dan organisasi perusahaan lain untuk bekerja dari blok ke blok dan menerima kecepatan yang sama dari transfer data. Jaringan Kampus biasanya menggunakan teknologi LAN, seperti Ethernet, Token Ring, Fiber Distributed Data Interface (FDDI), Fast Ethernet, Gigabit Ethernet dan Asynchronous Transfer Mode (ATM).
     Tujuan dibangunnya Campus Area Netwok adalah sebagai berikut:
  1. + Memberikan fasilitas agar informasi dari dalam maupun luar kampus dapat disebarkan dan diperoleh secara cepat dan akurat.
  2. + Meningkatkan keterpaduan pengelolaan Sistem Informasi Manajemen di lingkungan universitas
  3. + Menunjang kegiatan academic computing dan collaboration yang berkaitan dengan Tridharma Perguruan Tinggi.
  4. Meningkatkan pemanfaatan fasilitas perangkat/sumber daya komputasi yang dimiliki untuk dipakai bersama secara efisien.

No comments:

Post a Comment

Adbox