Breaking

Wednesday 7 January 2015

TRANSFORMATOR






A. Pengertian 

Transformator (trafo) secara teknis dapat diaartikan sebagai suatu peralatan listrik yang memindahkan energi listrik dari satu rangkaian listrik ke rangkaian listrik yang lain melaui suatu gandengan magnet berdasarkan prinsip induksi elektromagnet.

Namun secara umum Transformation dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan listrik bolak-balik (AC).


B. Kopmponen

  Pada transformator sederhana tersusun atas inti dan kumparan-kumparan.Tiap kumparan dililit menggunakan tembaga. Kumparan pada transformator di bedakan menjadi 2 jenis yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder. Kumparan primer berfungsi sebagai masukkan atau input sedangkan kumparan sekunder berfungsi sebagai keluaran atau output. Inti pada transformator yang biasanya terbuat dari besi berfungsi sebagai tempat mengalirnya fluks dari kumparan primer ke kumparan sekunder.


C.Prinsip Kerja
Prinsip kerja transformator adalah ketika kumparan primer dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik(AC), perubahan arus listrik pada kumpara primer menimbulkan medan magnet yang berubah. Medan magnet yang berubah di perkuat oleh adanya inti besi dan di hantarkan inti besi ke kumparan sekunder, sehingga pada ujung-ujung kumparan sekunder akan timbul GGL induksi. Efek ini dinamakan induktasi timbal balik.


D.Jenis-jenis Transformator
Jenis-jenis transformator ada banyak namun yang umum di ketahui banyak orang ada 2 jenis transformator yaitu:

1. Step-up
Transformator step up adalah transformator yang memiliki lilitan sekunder lebih banyak dari pada lilitan primer, sehingga berfungsi sebagai penaik tegangan.

Untuk penerapan transformator step-up biasanya di gunakan pada pembangkit tenaga listrik sebagai penaik tegangan yang dihasilkan generator menjadi tegangan tinggi yangdi gunakan  dalam transmisi jarak jauh

2. Step-down

Transformator step up adalah transformator yang memiliki lilitan primer lebih banyak dari pada lilitan sekunder, sehingga berfungsi sebagai penurun tegangan.

Untuk penerapan transformator step-down biasanya banyak di gunakan peralatan elektronik rumah tangga contohnya blender,tv,kulkas,dll.



E.Rumus

Hubungan atara tegangan primer,jumlah lilitan primer, tegangan sekunder dan jumlah lilitan 
 sekunder, dapat dinyatakan dalam persamaan:

\frac{V_p}{V_s}=\frac{N_p}{N_s}

Ket: Vp = Tegangan primer (volt)
        Vs = Tegangan sekunder (volt)
        Np = Jumlah lilitan primer
        Ns = Jumlah lilitan sekunder

Sehingga dapat di simulkan pada transformator besarnya tegangan yang di keluarkan oleh kumparan sekunder adalah:
  1. Sebanding dengan banyaknya lilitan sekunder (Vs~Ns)
  2. Sebanding dengan besarnya tegangan primer (Vs~Vp)
  3. Berbanding terbalik dengan lilitan primer (Vs~1/Np)

No comments:

Post a Comment

Adbox